Homeschooling di Jakarta , Mengenal Lebih Dalam

Posted on August 4, 2020 - in Articles

homeschooling di jakarta

Sejak virus Corona mewabah di Tanah Air, pandemi COVID-19 telah mempengaruhi hampir tiap aspek kehidupan. Namun, aspek yang paling dramatis adalah mengenai sistem belajar para siswa. Hal ini dikarenakan ada perubahan dalam cara belajar siswa, yang awalnya siswa belajar di sekolah dengan pembelajaran berbasis kelas dan tatap muka, di masa pandemi ini, semua harus berubah menjadi pembelajaran online atau homeschooling. Tentunya, hal ini merupakan sesuatu yang baru bagi beberapa orang tua. Untuk membantu para orang tua sedikit lebih memahami mengenai homeschooling ini, berikut ini kami paparkan sedikit informasi mengenai sistem homeschooling di Jakarta.

Program Homeschooling di Jakarta Oleh Growing Mind Preschool

Pembelajaran online atau homeschooling ini mungkin merupakan tantangan berat bagi banyak sekolah, namun berbeda halnya dengan Growing Mind Preschool. Mengikuti aturan Pergub yang menyatakan murid tetap harus sekolah, tetapi beralih fungsi menjadi online, maka Growing Mind Preschool pun sangat mendukung serta memfasilitasi siswa-siswinya untuk belajar di rumah dengan menyediakan program homeschooling. Di samping itu, Growing Mind Preschool juga menyadari akan berbagai kekhawatiran para orang tua terkait melepas anak-anaknya kembali bersekolah di tengah pandemi corona, tetapi di sisi lain, orang tua mulai mengalami stres menghadapi anak-anak di rumah karena sudah mulai jenuh. Oleh karena itu, Growing Mind Preschool pun membuka program homeschooling.

 

Sistem Homeschooling di Indonesia

Sistem Homeschooling di Indonesia sendiri telah terjamin dan tercatat dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang secara teknis diatur dalam Permendikbud Nomor 129 Tahun 2014 Perihal Sekolah Rumah. Di dalam Permendikbud ini, telah dijelaskan bahwa “sekolah rumah atau homeschooling adalah bentuk pendidikan secara sadar dan terencana yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga di rumah atau tempat dengan suasana kondusif”.